Langsung ke konten utama

Begini Cara Budidaya Belut dalam Drum

Belut adalah salah satu jenis ikan yang diprimadonakan dalam bisnis kuliner. Berbagai olahan daging belut menjadi usaha yang menjanjikan bagi para pengusaha kecil. Oleh karena itu, banyak petani di daerah pedesaan yang memelihara ternak air tersebut, terutama yang memiliki lahan sawah atau rawa berlumpur.

Begitu besarnya jumlah permintaan akan daging belut, membuat banyak orang berminat dalam pembudidayaan ikan belut, termasuk orang-orang yang tidak mempunyai lahan sawah atau daerah berlumpur lainnya.

Mereka menggunakan berbagai upaya untuk memelihara belut dalam sebuah wadah yang bisa dibangun di sekitar rumahnya, salah satunya adalah peternakan belut di dalam drum. Bagaimanakah memulai usaha pengembangbiakan belut di dalam drum?

Menyiapkan Perlengkapan
Adapun perlengkapan yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • Tong atau Drum
  • Kawat kasa
  • Tandon untuk menampung air
  • Pipa paralon
  • Ember, selang dan peralatan pendukung lainnya.

Membuat Media Pemeliharaan Belut
Dalam pembuatan media ini, diusahakan untuk menyiapkan drum (tong) yang terbuat dari bahan plastik. Drum yang berbahan plastik lebih mudah dalam perawatan dan pembersihan, sedangkan drum berbahan logam cenderung lebih mudah berkarat sehingga dapat meracuni belut. Drum akan diletakkan secara horizontal guna membuat luas permukaan air lebih lapang sehingga aktivitas belut terasa lebih lega.

Oleh karena itu, pilihlah drum yang mulutnya tertutup. Posisikan drum menjadi mendatar (rebahan), kemudian buat lobang besar yang berbentuk persegi panjang pada bagian tengahnya, sehingga mirip sebuah kolam pemandian. Pada bagian sisi bawah buat lobang sebesar pipa yang tersedia sebagai jalur pembuangan (sirkulasi) air. Pasang kain kasa pada lobang tersebut agar tanah di dalam drum tidak ikut terbuang.

Jika sudah selesai, letakkan drum tersebut pada sebuah tempat sehingga posisinya berada setengah hingga satu meter di atas permukaan tanah. Langkah berikutnya adalah membuat peneduh agar media kolam tidak terkena banyak sinar matahari.

Selanjutnya adalah memasukkan tanah ke dalam drum. Tanah yang dipakai adalah tanah yang tidak banyak mengandung pasir atau tanah liat yang sedikit mengandung unsur hara. Jika memungkinkan menggunakan tanah dari sawah.

Masukkan tanah ke dalam drum dengan ketinggian mencapai 40-50cm. Masukkan air hingga tanah menjadi becek namun airnya tidak menggenang. Kemudian selama 3-4 hari aduk tanah tersebut dua kali sehari agar media tanah tersebut menjadi lembut dan gembur.

Memasukkan Bibit Belut
Setelah media pembiakan tersebut selesai dibuat, langkah berikutnya adalah memasukkan bibit belut. Pastikan anda telah mengisi air sebanyak 3/4 dari volume drum. Jumlah bibit yang dapat ditampung sekitar 100 – 150 ekor atau setara dengan 2 kg.

Melakukan Rutinitas Pemeliharaan
Beberapa hal yang wajib anda lakukan adalah pemberian pakan dan pengaturan air. Belut termasuk hewan karnivora yang memakan cacing, ikan kecil, anak katak, cacahan keong dan bekicot. Pakan sebaiknya diberikan pada sore hari.

Sementara rutinitas penggantian air dapat dilakukan setiap minggu sekali atau mungkin lebih cepat, tergantung kejernihan air. Jika memakai media drum yang berbahan logam, maka pengelolaan air dilakukan lebih rutin.

Tahap Memanen Belut
Belut dapat dipanen ketika telah memasuki usia 4-6 bulan. Gunakan anyaman jaring untuk mengambil belut. Untuk memperoleh penghasilan, selain dijual secara langsung, belut dapat diolah sebagai bahan usaha lanjutan yang lebih variatif, misalnya usaha produksi kerupuk belut, lalapan belut, abon belut, dan sebagainya.

Komentar

Baca Juga

5 Bisnis Paling Menguntungkan Saat Piala Dunia

Di setiap lima tahun sekali perhatian masyarakat dunia akan terfokus pada pegelaran piala dunia sepak bola. Milyaran pasang mata akan setia mengikuti pertandingan demi pertandingan yang diselenggarakan sekitar 1 bulan penuh. Bagi para perusahaan global yang terjun dalam bidang bisnis siaran, ticket, akomodasi dan sejenisnya, hal tersebut merupakan lahan pemasukan yang melimpah. Sementara bagi kita yang tinggal jauh dari pusat pertandingan, ternyata juga bisa memanfaatkan moment piala dunia tersebut. Situs kerjausaha.com mencoba merangkum ragam bisnis kecil menengah yang profitable menjelang pegelaran World Cup. 1. Bisnis Kaos Replika Jersey Usaha yang cukup berpeluang besar mendatangkan keuntungan dalam event football world cup adalah bisnis produksi dan penjualan kaos jersey dari tim-tim yang lolos piala dunia, seperti kaos tim negara samba Brasil, tim tango Argentina, Portugal, Jerman, Korea Selatan dan lainnya. Para pecinta bola tentu akan membeli sebuah kaos replika jersey dari tim

20 Cara Meningkatkan Efisiensi Kerja Di Kantor

Efisiensi kerja di kantor adalah salah satu hal yang diinginkan oleh perusahaan, termasuk karyawan itu sendiri. Efesiensi kerja di kantor merupakan cara untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi waktu yang terbuang sia-sia. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi kerja di kantor. 1. Mengatur ruang kerja dengan baik Pastikan ruang kerja Anda teratur dan mudah diakses. Hal ini akan membantu Anda menemukan dan menggunakan bahan-bahan yang diperlukan dengan cepat. 2. Tentukan hal-hal yang prioritas Fokus pada tugas-tugas yang paling penting dan selesaikan terlebih dahulu. Ini akan membantu Anda mengelola waktu dengan lebih efektif. 3. Gunakan alat bantu Terdapat banyak alat bantu yang dapat membantu Anda meningkatkan efisiensi kerja, seperti aplikasi pengelolaan tugas atau pengingat untuk menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu. 4. Buat rutinitas yang teratur Buat rutinitas harian yang teratur dan ikuti dengan disiplin. Hal ini akan membantu Anda

5 Tips Menjadikan Perusahaan Bernilai Miliaran Rupiah

Memiliki perusahaan besar dengan aset yang berlimpah merupakan impian banyak pebisnis. Semakin prospektif sebuah perusahaan, tentu nilai jualnya akan semakin tinggi. Di Eropa, perusahaan yang bernilai US$ 1 miliar (lebih kurang Rp 14 triliun) disebut dengan ‘unicorn’. Saat ini jumlah perusahaan yang berstatus ‘unicorn’ di kawasan Eropa terus bertambah. Pada tahun ini, terdapat 40 perusahaan unicorn yang berbasis di benua Eropa. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari sebelumnya yang sebanyak 30 unit perusahaan. Terdapat 13 nama baru yang masuk ke dalam daftar 40 ‘unicorn’, dan 3 perusahaan terdepak karena nilainya semakin menyusut. Bagaimanakah caranya membuat dan membangun sebuah perusahaan dari nol hingga menjadi ‘unicorn’? Berikut disajikan 5 tips untuk mewujudkan hal tersebut, seperti yang diuraikan oleh sebuah perusahaan investasi bernama GP Bullhound. 1. Pilihlah Salah Satu Sektor Bisnis Ini Jika anda memiliki mimpi besar untuk memiliki perusahaan bernilai 1 miliar dolar, maka

Yuk.. Usaha Bubur Kacang Ijo, Inilah Tahapannya

Untuk anda yang belum mempunyai pekerjaan namun juga tidak mempunyai modal yang berjumlah besar, usaha bubur kacang hijau bisa menjadi peluang usaha yang cukup bagus, khususnya untuk para ibu-ibu rumah tangga yang mempunyai waktu senggang atau untuk ibu-ibu yang sambil mengasuh anak juga bisa karena usaha bubur kacang hijau ini bisa dilakukan di rumah peralatannya pun bisa menggunakan yang biasa dipakai di rumah. Jadi juga bisa memperirit modal. Selain di rumah juga bisa menggunakan gerobak dorong dengan memiliki rute penjualan tertentu. Selain merupakan salah satu masakan khas nusantara, bubur kacang hijau memiliki manfaat yang lumayan penting untuk tubuh kita karena kandungan gizinya yang sangat lengkap. Kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Kacang hijau juga berperan untuk mengurangi resiko penyumbatan darah yang bisa mengarah pada serangan jantung. Tak kalah pentingnya juga untuk meningkatkan kesehatan pembuluh arteri dan juga baik dikonsumsi ibu ha

4 Peluang Bisnis dari Olahan Eceng Gondok

Eceng Gondok merupakan tumbuhan yang banyak kita jumpai di kawasan perairan daratan, seperti di sungai, rawa, waduk, situ, dan sejenisnya. Tanaman ini memiliki nama Latin Eichhornia Crassipes. Tanaman eceng gondok dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat pada kawasan perairan yang tercemar limbah, karena tanaman ini mampu mengikat berbagai senyawa logam berat yang terkandung dalam air, misalnya seng, besi, tembaga, serta raksa. Perkembangbiakan yang pesat tersebut, dapat membuat daerah habitat eceng gondok menjadi cepat dangkal karena proses sedimentasi atau pengendapan. Jika berlebihan, hal ini tentu berpotensi mendatangkan bencana luapan banjir karena aliran air tersumbat oleh eceng gondok. Oleh karena itu, pertumbuhan eceng gondok yang padat perlu dimanfaatkan agar menghasilkan produk yang bernilai ekonomis. Bagaimanakah caranya mengolah eceng gondok agar menjadi produk yang bisa dijual? Berikut sekilas uraiannya. 1. Digunakan sebagai Pakan Hewan Ternak Hasil olahan eceng gondok da

Peluang Bisnis Cemilan Kacang Mete

Salah satu panganan kuliner yang banyak dijadikan sebagai oleh-oleh saat bepergian keluar kota adalah kacang mede. Kacang mede atau kacang mete atau kacang mente merupakan olahan camilan dari biji jambu monyet (Anacardium occidentale). Sebenarnya kacang mete bukanlah kacang asli, tetapi dalam ilmu Biologi adalah sebuah biji yang dikelilingi cangkang ganda yang menghasilkan getah urushiol yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Dalam dunia tata boga, sering disebut kacang karena bentuknya yang mirip dengan kacang. Rasanya yang enak dan gurih membuat panganan ini terkenal, bahkan juga wisatawan luar negeri sangat menyukai kacang mede. Kacang mede banyak mengandung karbohidrat, mineral, lemak dan juga tentunya protein nabati. Meskipun kandungan lemak dalam kacang mete mencapai 80%, namun lemak tersebut termasuk lemak tak jenuh yang tidak mengganggu kesehatan tubuh. Malah sebaliknya justru disebut sebagai lemak yang baik karena dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam t

Apa Definisi dan Fungsi Administrasi Perkantoran?

Definisi manajemen perkantoran menurut Quible diartikan sebagai suatu rangkaian aktivitas perkantoran yang menyangkut perencanaan, pengawasan, pengorganisasian, penyelenggaraan, pengarahan, dan hingga pengendalian secara tertib pekerjaan administrasi perkantoran, guna menunjang pencapaian tujuan organisasi. Apa sajakah fungsi administrasi perkantoran? Berdasarkan pendapat Quible (2001), ada lima jenis fungsi pendukung administrasi dalam perkantoran. 1. Fungsi Rutin Fungsi rutin adalah fungsi administrasi perkantoran dalam hal pengarsipan dan penggandaan. Dengan sistem administrasi perkantoran yang baik, maka paling tidak organisasi tersebut memiliki dokumen tersimpan dan cadangan (copy). Fungsi rutin tersebut umumnya dilaksanakan oleh staf atau pegawai administrasi yang bertanggung jawab atas kegiatan administrasi sehari-hari. 2. Fungsi Teknis Fungsi administrasi yang terkait teknis adalah yaitu fungsi yang membutuhkan opini, keputusan, dan keterampilan perkantoran yang mumpuni atau